Minggu, 21 November 2010

START JONGKOK

PENGERTIAN START
Start adalah suatu persiapan awal seorang pelari akan melakukan gerakan berlari. Untuk nomor jarak pendek start yang dipakai adalah start jongkok ( Crouch Start ). Sedangkan untuk jarak menengah dan jauh menggunakan start berdiri ( Standing Start ).
START JONGKOK
Merupakan persiapan awal yang bertujuan untuk mengoptimalkan pola lari percepatan. Menggunakan aba-aba; bersedia, siaaap, yaaak atau door bunyi pistol. Untuk dapat mengatasi kelembaman/inertia, pelari menerapkan daya maksimumnya pada suatu alat yaitu start-block.
PENEMPATAN START-BLOCK
•Start pendek ( short start ) : 14 – 28 cm
•Start medium ( medium start ) : 35 – 42 cm
•Start panjang ( longed start ) : 50 – 70 cm
TEKNIK START JONGKOK
Lutut kaki belakang diletakkan ke tanah, terpisah selebar bahu lebih sedikit. Jari-jari tangan membentuk huruf V terbalik. Kepala dalam keadaan datar dengan punggung. Pandangan mata menatap lurus ke bawah.
Setelah terdengar aba-aba siaaap, lutut di tekan ke belakang. Lutut kaki bagian depan membentuk sudut siku-siku ( 90 derajat ), lutut kaki bagian belakang membentuk sudut antara 120 – 140 derajat. Pinggang sedikit diangkat tinggi dari bahu, tubuh sedikit condong ke depan, serta bahu sedikit lebih maju ke depan dari kedua tangan.
Setelah mendengar aba-aba yaaak/bunyi pistol, badan diluruskan dan diangkat pada saat kedua kaki menolak/menekan keras pada start–block. Kedua tangan diangkat dari tanah bersamaan, kemudian diayun bergantian. Kaki belakang mendorong kuat/singkat, kaki depan mendorong sedikit tapi lebih lama. Lutut dan pinggang keduanya diluruskan penuh pada saat akhir dorongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar